Thursday, November 23, 2017

Oleh – Oleh Khas Biak


Perburuan sang penjelajah alam tidak selalu berpusat pada ekspedisi menemukan zona istimewa. Tapi juga mencari sekeping tanda mata yang khas. Berbicara Biak. mayoritas souvenir berupa kerajinan tangan dan aksesoris. Semuanya dibuat dari hasil alam sendiri dan dibentuk apik oleh tangan-tangan seniman Biak.
wisata indonesia - Oleh oleh khas biak papua jayapura
1. Patung Karwar, Identitas Seni Biak


Patung dan ukiran kayu Suku Asmat yang sudah mendunia mendapat pengakuan dari para pecinta seni di Biak. masyarakatnya mencipta hal sama. Membentuk kayu mentah yang diukir dengan panduan budaya setempat dan berakhir dalam wujud patung karwar.
Patung karwar yang menjadi identitas seni orang Biak bagian timur dan utara ini menjadi oleh – oleh menarik untuk dibawa pulang. Biasanya patung berbentuk orang Papua dalam ukuran mini. lengkap dengan detail koteka dan ikat kepala. Sebagai variasi, patung-patung ditambah aksen asbak, gantungan untuk pajangan. dan lain sebagainya. Satu yang perlu diketahui, patung karwar wisata indonesia di Biak timur selalu dicat berwarna cokelat tua, sedangkan untuk pesisir utara, patung dibiarkan alami tanpa dipoles pewarna.
2. Batik dan Kaus Papua


Motif-motif indah diperlihatkan batik Papua yang beberapa tahun ini terangkat pamornya. Hadir dalam warna merah dan terang. seperti biru, merah, hijau, kuning, dan ungu. yang dipermanis dengan detail burung cendrawasih. membuat batik Papua sedikit kontras dibanding kreasi batik lainnya.
Sebenarnya batik Papua merupakan produksi dari Jayapura. Namun daya tariknya membuat beberapa kota penting di Papua menjajakan kain menarik ini. termasuk Biak. Ada beberapa toko di Biak yang menjual Batik Papua. namun versi lengkapnya bisa Anda temukan di Iriani Art Shop yang terletak di pusat kota. Ada banyak pilihan warna dan motif, dari batik yang berbentuk kain hingga sudah berupa kemeja. Jika tak ingin tampil formil dalam balutan batik Papua. ada pilihan kaus santai dengan tampak depan yang disablon gambar-gambar orang Papua. Kaus-kaus tersebut tersedia dalam banyak warna  juga ukuran. Kisaran harga mulai dari Rp.60.000.

SOUVENIRS INFO DI BIAK :
·  Iriani Art Shop
Jl lmam Bonjol No. 40
Tel 0981-21457
·  Halga patung karwar dimulai dari Rp.40.000.-
·  Untuk batik Papua dihargai dari Rp.95.000/ 2m. Jika berbentuk kemeja. harga dibuka dari angka Rp.150.000.-
·  Di samping ukiran dan batik Papua, altematif suvenir lain adalah gantungan kunci, koteka, tas noken, Sisir khas Papua, serta aksesoris kalung dan gelang.
·  Gantungan kunci bentuk ukiran mini khas Papua memiliki kisaran harga Rp.5.000-Rp.10.000.-Koteka Rp 40.000.- Tas noken Rp 60.000.-



No comments: